Minggu, 16 Agustus 2015

         Selamat Untuk Agan-agan yang Telah Lulus Ujian Nasional SMA/K Se-Indonesia, pasti pada bingung Mau Ambil Jurusan Apa Nanti, Nih Kali Ini Saya "Agus Maryadi Tan" Akan Membagikan Informasi Mengenai Jurusan Yang Mengarah Pada Komputer :

1. Teknik Informatika 


      Teknik informatika merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Transformasi itu berupa proses-proses logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah, sehingga dengan memilih program studi Teknik Informatika, kita menjadi terlatih berpikir secara logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan pekerjaan apapun.


   Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat, maka program pendidikan pada program studi Teknik Informatika diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Di samping itu, lulusan diharapkan memiliki kemampuan untuk merencanakan suatu jaringan dan sistem komputer, serta menguasai dasar-dasar ilmu dan tenologi informasi sebagai landasan untuk pengembangan studi lanjutan.

       Menimbang hal di atas, program studi Teknik Informatika bertujuan memenuhi kebutuhan akan SDM yang profesional di bidang teknologi informasi. Selain itu, untuk menjembatani antara kepentingan industri dan masyarakat profesi dengan kepentingan akademik, maka disusunlah kurikulum berbasis kompetensi, dimana selain muatan-muatan inti, diberikan pula muatan-muatan lokal yang mendukung basis pengetahuan terapan dan perekayasaan perangkat lunak. Diharapkan melalui program ini dapat dihasilkan lulusan yang memiliki daya saing, jiwa kewirausahaan, dan memiliki wawasan teknologi informasi yang memadai sehingga tidak gagap ketika tiba waktunya untuk menerapkan ilmunya di masyarakat.

       Saat ini alumni Teknik Informatika telah tersebar di seluruh Indonesia dalam berbagai profesi, seperti dosen, guru, staf TI, wiraswasta, dan bahkan ada yang bekerja di Singapura. Tempat mereka bekerja juga beraneka ragam, seperti perbankan, industri kertas, pengolahan kayu, serta industri lainnya.

2. Sistem Informasi 

       Sistem Informasi adalah ilmu yang mempelajari perancangan, pembuatan, dan pengoperasian sistem informasi (khususnya dalam bentuk software). Sistem Informasi adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada pihak yang dimaksud. Contoh sistem informasi adalah database, website, dll. Di jurusan SI, kita mempelajari bagaimana membuat sistem yang menyampaikan informasi-informasi kepada pihak yang dimaksud, termasuk evaluasi ekonomi dari sistem yang dimaksud.

    Sistem informasi dapat digunakan untuk kemudahan memperoleh data yang ada dengan cara diurutkan (misal: database), promosi kepada masyarakat umum (misal: website), dan pengolahan data (misal: software untuk akuntansi). Maka, Sistem Informasi adalah jurusan yang dapat mendukung dan bekerja sama dengan Humas, Akuntansi, Teknik Informatika, Administrasi, dan ilmu-ilmu lainnya.

    Perbedaan SI dan Teknik Informatika adalah SI lebih mengarah kepada penerapan programming untuk membuat sistem informasi. SI dan Teknik Informatika sama-sama mempelajari software, perbedaannya adalah Teknik Informatika mempelajari software secara lebih mendalam lagi sedangkan SI mempelajari software untuk sarana membuat sistem informasi.

   Lapangan kerja seorang sarjana SI sebagian besar adalah sebagai:
sistem analis, yaitu staf perusahaan yang bertugas membuat sistem informasi untuk perusahaan tersebut, programmer, karena mahasiswa SI juga mempelajari software.

3. Teknik Komputer 
   Teknik komputer (computer engineering) adalah salah satu disiplin ilmu teknik yang mengintegrasikan beberapa bidang dari teknik elektro dan ilmu komputer/teknik informatika. Beberapa universitas memasukkan teknik komputer menjadi peminatan di jurusan elektro, tetapi ada juga yang membuka teknik komputer menjadi jurusan yang berdiri sendiri seperti di Universitas Indonesia dan Universitas Komputer Indonesia. Mahasiswa teknik komputer tidak hanya diajarkan tentang hardware atau software saja, tetapi interaksi diantara keduanya. Seperti kebanyakan disiplin ilmu teknik lainnya, kemampuan dalam matematika dan fisika merupakan dasar dari teknik komputer. 

    Apa saja yang dipelajari di teknik komputer? Umumnya, bidang peminatan yang dipelajari di teknik komputer diantaranya adalah tentang embedded system, jaringan komputer, dan teknologi multimedia. Sebagai gambaran saja, mata kuliah yang ada di jurusan teknik komputer diantaranya adalah tentang sistem operasi (OS), organisasi dan arsitektur komputer, sinyal sistem, perncangan sistem digital, rekayasa perangkat lunak (software engineering), pemrograman OOP, sinyal sistem, image processing, teknologi nirkabel, jaringan dan keamanan jaringan komputer, teknik telekomunikasi, dll. Agar tidak bingung, bisa dicari di internet gambaran mata kuliah tersebut agar tau kalo masuk teknik komputer akan belajar apa. 

   Urusan kerja, seperti jurusan berbau komputer lainnya, teknik komputer merambah berbagai bidang pekerjaan. Lulusannya bisa bekerja sebagai programmer, software engineer, embedded system engineer, system engineer, network engineer, konsultan IT, bidang web hosting and services, dll. 

4. Komputer Akutansi 


       Perkuliahan Komputer Akuntansi merupakan aplikasi komputer guna menyajikan laporan keuangan sebagai mana yang dikerjakan pada akuntansi.  Oleh karena itu, perkuliahan Komputer Akuntansi lebih banyak praktik bagaimana membuat laporan keuangan (neraca, laporan laba/rugi, perubahan modal, dan laporan arus kas) berbantu komputer.  Untuk keperluan tersebut maka kepada mahasiswa peserta perkuliahan Komputer Akuntansi 


     Untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam mengaplikasikan komputer untuk mengolah data akuntansi perlu diberikan tugas-tugas berbentuk kasus-kasus yang harus diselesaikan oleh mahasiswa.  Guna mengukur perkembangan tingkat kompetensi mahasiswa dalam mata kuliah Komputer Akuntansi telah disiapkan beberapa kasus yang harus diselesaikan.  Hingga minggu ke delapan (pertemuan kedelapan) kepada mahasiswa telah diberikan 2 kasus.  Kasus pertama diselesaikan secara bersama sebagai contoh bagaimana membuat laporan keuangan dengan menggunakan program MYOB Accounting, kasus kedua diberikan kepada mahasiswa sebagai tugas mandiri yang harus diselesaikan dengan cara manual dan komputer.





0 komentar:

Posting Komentar